Home General Pendaftaran Merek Secara Gratis Tanpa Biaya PNBP

Pendaftaran Merek Secara Gratis Tanpa Biaya PNBP

Kami akan men-share cara beberapa pengusaha atau UMKM untuk mendapatkan pendaftaran merek gratis tanpa perlu mengeluarkan uang sepeser pun, bahkan berkas pendaftarannya diurus oleh negara.

Dengan demikian Anda tidak perlu lagi:

  1. Mengeluarkan uang ekstra untuk pembayaran biaya permohonan merek;
  2. Submit permohonan merek.

Untuk mendapatkan fasilitas pendaftaran merek gratis, Anda mungkin perlu tergabung di komunitas UMKM yang dipayungi oleh Dinas di pemerintahan kota atau kabupaten di mana usaha Anda berdomisili. Biasanya di akhir tahun, akan ada event atau kegiatan bagi para pengusaha untuk mendaftarkan merek miliknya.

Masalahnya mungkin dinas di tempat domisili Anda tidak menyelenggarakan fasilitasi ini setiap tahunnya. Hal ini terkait dengan alokasi anggaran yang mereka miliki dan prioritas kegiatan yang biasanya sudah dicanangkan di tahun anggaran sebelumnya.

Dulu kami sempat mengikuti kegiatan fasilitasi dan sosialisasi pendaftaran merek ini dan mendapatkan fasilitas pendaftaran merek secara gratis. Namun, kami menemui kesulitan untuk monitoring, karena proses submit permohonan tersebut dilakukan oleh dinas perindustrian dan perdagangan di tempat kami.

Kesulitannya pada saat kami menanyakan sejauh mana proses permohonan yang kami ajukan, sementara kami tidak mendapatkan informasi nomor permohonan merek kami yang sejatinya bisa kami cek sendiri di website Ditjen Kekayaan Intelektual.

Akhirnya kami memutuskan untuk mendaftarkan sendiri merek kami, sedikit berbiaya namun kami dapat memonitoring prosesnya. Permasalahannya adalah kami tidak mengetahui aturan dan apa saja yang harus kami upload dalam proses permohonan merek tersebut secara online.

Daripada kami salah lagi, beberapa rekan menyarakankan untuk menggunakan jasa profesional konsultan pendaftaran merek. Ada website tanyamerek.com yang akhirnya kami gunakan sebagai tempat kami berkonsultasi secara gratis.

BACA JUGA  Franklin School of Innovation

Alhamdulillah setelah puas berkonsultasi secara gratis, kami memutuskan untuk mendaftarkan merek kami melalui jasa konsultan di tanyamerek.com – Biaya jasanya cukup murah hanya total Rp 4.000.000,- sudah termasuk biaya PNBP permohonan merek kami dan tidak ada biaya tambahan lagi.

Pengecekan Merek

Dalam rangka monitoring permohonan merek yang Anda ajukan, Anda dapat mengunjung website PDKI Indonesia dengan memasukan nomor agenda permohonan Anda. Di sana nanti terlihat jelas status permohonan Anda sudah sampai mana.

Ada banyak pula artikel di website cek merek yang bisa Anda browse untuk informasi-informasi terkait permohonan merek dan sejumlah proses yang dilalui oleh permohonan merek yang Anda ajukan. Dengan mempelajarinya, kami memahami memang pendaftaran merek adalah proses yang panjang karena proses permohonan merek adalah proses pemberian hak ekslusif yang tentunya berbeda dengan proses birokrasi lainnya.

Jasa Pendaftaran Merek

Selain adanya fasilitas pendaftaran merek secara gratis yang kadang diadakan oleh dinas perdangan di tempat Anda, ada pula jasa pihak ketiga yang memberikan fasilitas jasa pendaftaran merek. Karena jasa pihak ketiga ini umumnya pihak swasta, maka akan ada biaya jasa yang dikenakan. Hanya saja Anda bisa terbebas dari kerumitan yang ada bila Anda mengurusnya sendiri.

Syarat Pendaftaran Merek

Syarat umum mengenai pendaftaran merek adalah dengan melakukan pengisian form atau identitas pemohonan. Anda mungkin perlu juga melampirkan copy dari KTP Anda atau surat keterangan UMKM jika Anda ingin mendapatkan fasilitas diskon biaya PNBP untuk UMKM. Diskonnya lumayan, dari semula biaya Rp 1.800.000,- menjadi hanya Rp 500.000,- saja.

Syarat lainnya adalah dengan memberikan pernyataan di atas meterai bahwa merek yang Anda mohonkan tidak meniru merek milik pihak lain dan merupakan hasil kreasi Anda sendiri.

BACA JUGA  Franklin School of Innovation

Kesimpulan

Masih banyak kesempatan bagi Anda untuk mendapatkan fasilitas pendaftaran merek gratis terutama bagi Anda yang memang terdaftar sebagai UMKM di dinas pemerintahan termpat Anda domisili.

Jika Anda bukan UMKM atau Anda tidak terdaftar sebagai UMKM, kecil kemungkinan Anda akan mendapatkan fasilitas pendaftaran merek secara gratis. Alternatifnya Anda bisa mendaftar sendiri melalu website Ditjen Kekayaan Intelektual atau melalui konsultan hukum yang dapat membantu pendaftaran merek Anda secara online dan remote, dalam hal ini kami menggunakan jasanya tanyamerek.com agar praktisnya saja.

Demikian sekilas pengalam kami terkait pendaftaran merek gratis, semoga bermanfaat bagi Anda yang menyadari pentingnya pendaftaran merek bagi bisnis Anda.

Rate this post

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here